PENETAPAN KKM
Nama Sekolah : MA. LUQMANULHAKIM
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/semester : X/2
Tahun Pelajaran : 2011/2012
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Komplek sitas | Daya dukung | Intake siswa | Jumlah | KKM indikator | KKM KD | KKM SK | KKM MP |
3 | Menganalisis unsur-unsur geosfer. | 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | · Mengidentifikasi struktur dan pemanfaatan litosfer · Menjelaskan berbagai bentuk muka bumi akibat tenaga endogen · Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat proses vulkanisme · Mengidentifikasikan tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung api · Memaparkan proses terjadinya gempa bumi · Merumuskan ruang lingkup kajian geografi · Menemutunjukkan bentuk muka bumi akibat tenaga eksogen · Membedakan jenis-jenis pelapukan, pengikisan, dan pengendapan · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya degradasi lahan · Menganalisis dampak degradasi lahan bagi kehidupan · Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia · Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia · Mengklasifikasi jenis dan ciri tanah di Indonesia · Menganalisis proses terjadinya erosi tanah · Menganalisis dampak kerusakan tanah terhadap kehidupan · Mengidentifikasikan usaha-usaha untuk mencegah kerusakan tanah | 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 | 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 | 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 | 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 10 | 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 | 67 | 67 | 70 |
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Komplek sitas | Daya dukung | Intake siswa | Jumlah | KKM indikator | KKM KD | KKM SK | KKM MP |
| | 3.2. Menganali-sis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | · Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya · Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim · Mengklasifikasikan berbagai tipe iklim · Menjelaskan informasi tentang persebaran curah hujan di Indonesia · Menunjukkan persebaran iklim di dunia · Mengidentifikasi faktor- faktor penyebab terjadinya pemanasan global | 3 3 3 3 3 | 3 3 3 3 3 | 4 4 4 4 4 | 10 10 10 10 10 | 67 67 67 67 67 | 67 | 67 | |
| | 3.3. Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | · Menjelaskan siklus hidrologi · Mengidentifikasi jenis-jenis perairan darat · Menentukan jenis air tanah · Mengklasifikasi jenis-jenis danau · Mendeskripsikan manfaat rawa · Mengklasifikasi ciri sungai dan jenis pola aliran sungai · Menganalisis faktor penyebab kerusakan, serta upaya pelestarian Daerah Aliran Sungai | 3 3 3 3 3 3 3 | 4 4 4 4 4 4 4 | 4 4 4 4 4 4 4 | 11 11 11 11 11 11 11 | 73 73 73 73 73 73 73 | 73 | 73 | |
| | 3.4. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | · Menjelaskan perbedaan pesisir dan pantai · Mengklasifikasi jenis-jenis laut · Mengidentifikasi morfologi laut · Menjelaskan gerakan air laut · Mengidentifikasi kualitas air laut di Indonesia · Membedakan batas laut Indonesia | 3 3 3 3 3 3 | 4 4 4 4 4 4 | 4 4 4 4 4 4 | 11 11 11 11 11 11 | 73 73 73 73 73 73 | 73 | 73 |
Mengetahui, Lubuk Raja, Januari 2012
Kepala Madrasah Aliyah Guru Mata Pelajaran
IMANSYAH.BS,S.Ag ANING KURNIATI, S.Pd
PENETAPAN KKM
Nama Sekolah : MA. LUQMANULHAKIM
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/semester : X1/1
Tahun Pelajaran : 2011/2012
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Komplek sitas | Daya dukung | Intake siswa | Jumlah | KKM indikator | KKM KD | KKM SK | KKM MP |
1 | Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer | 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer | · Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer · Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | 3 3 | 3 3 | 4 4 | 10 10 | 67 67 | 67 | 67 | 70 |
| | 1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna | · Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi · Menjelaskan persebaran flora dan fauna · Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia · Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik · Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan | 3 4 3 3 3 | 3 3 3 3 3 | 4 3 4 4 4 | 10 10 10 10 10 | 67 67 67 67 67 | 67 | ||
| | 1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer | · Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin · Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT · Mengelompokkan data kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin · Menghitung sex ratio dan dependency ratio · Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan | 3 4 3 3 3 | 3 3 3 3 3 | 4 3 4 4 4 | 10 10 10 10 10 | 67 67 67 67 67 | 67 |
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Komplek sitas | Daya dukung | Intake siswa | Jumlah | KKM indikator | KKM KD | KKM SK | KKM MP |
| | 1.4. Menganalisis aspek kependudukan | · Menghitung tingkat kelahiran penduduk · Menghitung tingkat kematian penduduk · Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah · Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel, grafik atau diagram | 3 3 3 3 | 4 4 4 4 | 4 4 4 4 | 11 11 11 11 | 73 73 73 73 | 73 | 73 | |
2. | Memahami sumber daya alam | 2.1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam | · Merumuskan pengertian sumber daya alam | 3 | 4 | 4 | 11 | 73 | 73 | ||
| | 2.2. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam | · Menganalisis potensi sumber daya alam · Secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan | 3 3 | 4 4 | 4 4 | 11 11 | 73 73 | 73 | ||
| | 2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif | · Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan · Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Mengidentifikasi tentang pembangunan berwawasan lingkungan · Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan · Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan · Merumuskan konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan · Mengidentifikasi ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan | 3 3 3 3 3 3 3 3 | 4 4 4 4 4 4 4 4 | 4 4 4 4 4 4 4 4 | 11 11 11 11 11 11 11 11 | 73 73 73 73 73 73 73 73 | 73 |
Mengetahui, Lubuk Raja, Januari 2012
Kepala Madrasah Aliyah Guru Mata Pelajaran
IMANSYAH.BS,S.Ag ANING KURNIATI, S.Pd
PENETAPAN KKM
Nama Sekolah : MA. LUQMANULHAKIM
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/semester : X1/2
Tahun Pelajaran : 2011/2012
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Komplek sitas | Daya dukung | Intake siswa | Jumlah | KKM indikator | KKM KD | KKM SK | KKM MP |
3 | Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup | 3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | · Merumuskan pengertian lingkungan hidup · Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem · Menjelaskan pengertian pembangunan · Merumuskan konsep pembangunan · Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan · Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembanguan berkelanjutan · Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai sumber referensi · Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan | 3 3 3 3 3 3 3 3 | 4 4 4 4 4 4 4 4 | 4 4 4 4 4 4 4 4 | 11 11 11 11 11 11 11 11 | 73 73 73 73 73 73 73 73 | 73 | 70 | 70 |
| | 3.2. Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | · Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup · Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan · Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | 3 3 3 | 4 4 4 | 4 4 4 | 11 11 11 | 67 67 67 | 67 |
Mengetahui, Lubuk Raja, Januari 2012
Kepala Madrasah Aliyah Guru Mata Pelajaran
IMANSYAH.BS,S.Ag ANING KURNIATI, S.Pd