/style> Pel@ngi Celullar Batumarta 2: RPP SEMUA PROGRAM KEAHLIAN

Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 26 Oktober 2010

RPP SEMUA PROGRAM KEAHLIAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Bidang Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Diklat : Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi
Tingkat Semester: 1/ 2
Pertemuan ke : VI
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

I.STANDAR KOMPETENSI
Mengoperasikan sistem operasi softwer

II.KOMPETENSI DASAR
Menginstal system operasi softwer

III.INDIKATOR
1.Fungsi softwer aplikasi dijelaskan secara benar
2.Langkah-langkah menginstal softwer aplikasi dengan benar
3.Cara menginstal softwer aplikasi dengan benar

IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa dapat mendeskripsikan fungsi softwer aplikasi
2.Siswa dapat mendeskripsikan langkah-langkah menginstal softwer aplikasi
3.Siswa dapat mendeskripsikan cara menginstal softwer aplikasi dengan benar

V.MATERI PEMBELAJARAN
Menginstal sytem operasi dan Program aplikasi

VI.METODE PEMBELAJARAN
-Ceramah
-Tanya jawab
-Pemberian tugas

VII.MEDIA & SUMBER BELAJAR
a. Media : Papan tulis dan Komputer
b. Sumber : Buku panduan instalasi system operasi dan program aplikasi KKPI

VIII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.Kegiatan Awal
1.Mengondisikan siswa
2.Mengabsen siswa
3.Apresiasi

b.Kegiatan Inti
Siswa menyimak tentang penjelasan langkah-langkah menginstal sofwer aplikasi yang baik yang sesuai dengan SOP.

c.Kegiatan Akhir
Kesimpulan
Softwer aplikasi adalah program komputer yang dibuat untuk melaksanakan sesuatu tugas tertentu dengan memanfaatkan sumber daya system komputer. Klasifikasi softwer berdasarkan fungsinya yaitu aplikasi office, anti virus, desain grafis, multimedia, utilitas. Langkah-langkah instalasi softwer yaitu penentuan media instalasi, jalankan program istaller, menyalin sebuah file, verifikasi keberhasilan instalisasi dan konfigurasi softwere.

IX.PENILAIAN
a. Teknik penilaian : Tes Tertulis & Tugas
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Contoh Instrumen :
SOAL:
1.Sebutkan dan jelaskan klasifikasi sofwer aplikasi berdasarkan fungsinya!
2.Apa pengertian softwer aplikasi
3.Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah menginstal sofwer !
4.Apa penyebab dan bagaimana cara menanggulanginya pada saat computer Hang!


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Bidang Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Diklat : Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi
Tingkat Semester: 1/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

I.STANDAR KOMPETENSI
Mengoperasikan sistem operasi softwer

II.KOMPETENSI DASAR
Mengoperasikan softwer pengolah kata

III.INDIKATOR
1.Fungsi softwer pengolah kata dijelaskan dengan benar.
2.Softwer pengolah kata dijalankan melalui perintah yang terdapat pada start menu, shortcut atau icon
3.Berbagai softwer pengolah kata dioperasikan sesuai dengan SOP.

IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa dapat mendeskripsikan fungsi softwer pengolah kata
2.Siswa dapat mendeskripsikan pengolah kata yang dijalankan melalui perintah pada start menu, shortcut atau icon.
3.Siswa dapat mendeskripsikan berbagai softwer pengolah kata yang dioperasikan sesuai dengan SOP.

V.MATERI PEMBELAJARAN
Aplikasi softwer pengolahan kata
1.Pengenalan softwer aplikasi dan menu-menu softwer pengolahan kata.
2.Membuat, membuka dan menyimpan file dokumen.

VI.METODE PEMBELAJARAN
-Ceramah
-Tanya jawab
-Pemberian tugas

VII.MEDIA & SUMBER BELAJAR
a. Media: Papan tulis dan Komputer
b. Sumber: Buku panduan KKPI

VIII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.Kegiatan Awal
1.Mengondisikan siswa
2.Mengabsen siswa
3.Apresiasi

b.Kegiatan Inti
Siswa menyimak tentang penjelasan fungsi pengolah kata serta menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup softwer pengolah kata serta mengoperasikan melalui menu, short cut atau icon pada berbagai softwer pengolah kata.

c.Kegiatan Akhir
Kesimpulan
Softwer pengolah kata adalah softwer yang dibuat untuk tujuan pengolah teks agar dihasilkan dokumen yang rapi dan professional. Adapun kelebihan-kelebihan dari Microsoft word adalah mudah dipakai oleh pengguna (user), banyak fasilitas yang ditawarkan, dapat dihubungkan dengan aplikasi lain. Langkah-langkah mengaktifkan jendela word adalah klik star, lalu All Program, Microsoft Office lalu klik Microsoft Office Word. Adapun daftar menu dari word yaitu Menu file, Edit, View, Insert, format, Tools, Table, Windows, dan Help.

IX.PENILAIAN
a. Teknik penilaian : Tes Tertulis & Tugas
b. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda & Uraian
c. Contoh Instrumen :
SOAL:
A.PILIHAN GANDA
1.Apabila kita ingin menutup tampilan yang ada di layar, maka tombol yang kita klik adalah…
a. Close d. maximize
b. Restore e. minimize
c. Restat
2.Apabila kita ingin membuat tabel maka menu bar yang perlu kita buka adalah…
a. Insert d. table
b. Format e. view
c. Tolls
3.Untuk melihat sementara hasil print out lewat computer kita menggunakan menu pilihan…
a. preview d. save as
b. table e. page setup
c. edit
4.Untuk menyimpan dokumen salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah
a. ctrl + o d. ctrl + p
b. ctrl + c e. ctrl + n
c. ctrl + s
5.Dibawah ini softwer yang digunakan untuk mengolah data adalah …
a. Microsoft word d. adobe photoshop
b. Microsoft Excel e. cprel draw
c. page maker

B.URAIAN
1.Sebutkan 6 icon standard an fungsinya!
2.Apa kelebihan dari program Word yang kamu ketahui!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Bidang Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Diklat : Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi
Tingkat Semester: 1/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

I.STANDAR KOMPETENSI
Mengoperasikan sistem operasi softwer

II.KOMPETENSI DASAR
Mengoperasikan softwer pengolah kata

III.INDIKATOR
1.File dokumen disimpan dengan menggunakan berbagai format.
2.File dokumen dijalankan dengan perintah-perintah editing sederhana

IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa dapat mendeskripsikan cara menyimpan file dokumen dengan berbagai format
2.Siswa dapat mendeskripsikan perintah-perintah editing sederhana

V.MATERI PEMBELAJARAN
Menjelaskan tentang pengolahan dan pengaturan serta isian berulang pada file dokumen serta percetakan file dokumen.

VI.METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemberian tugas

VII.MEDIA & SUMBER BELAJAR
a. Media : Papan tulis dan Komputer
b. Sumber : Buku panduan KKPI Kelas I

VIII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
1. Mengondisikan siswa
2. Mengabsen siswa
3. Apresiasi

b.Kegiatan Inti
Siswa menyimak tentang penjelasan pengolahan dan pengaturan pada file dokumen menggunakan perintah-perintah font, text aligment.

c.Kegiatan Akhir
Kesimpulan
Adapun berbagai cara didalam melakukan editing dan formatting yaitu dengan mengatur spasi dalam paragraph, menggunakan bullets dan numbering, menggunakan border and shading, menggunkan jenis hurup, menggunakan identitas paragraph, dan menggunkan menu Tabs. Format berulang artinya komponen dari dokumen yang mengalami pengulangan di tiap halaman pada keseluruhan dokumen tersebut. Adapun berbagai format berulang yang sering digunakan yaitu membuat header dan footer, membuat footnote,memberi nomor halaman dan menghapus nomor halaman.

IX.PENILAIAN
a. Teknik penilaian : Tes Tertulis & Tugas
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Contoh Instrumen :
SOAL:
1.Apa perbedaan header, footer dan footnote!
2.Tulis langkah menyimpan data pada folder anda!
3.Apa pengertian split dan merger !
4.Tolong anda jelaskan pengertian dari format ulang !
5.Apa pengertian dari Auto Currect !


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Bidang Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Diklat : Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi
Tingkat Semester: 1/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

I.STANDAR KOMPETENSI
Mengoperasikan sistem operasi softwer

II.KOMPETENSI DASAR
Mengoperasikan softwer spread sheet

III.INDIKATOR
1.Fungsi softwer spreadsheet dijelaskan dengan benar.
2.Softwer spreadsheet dioperasikan melalui perintah start menu, shortcut atau icon
3.Berbagai softwer spreadsheet dioperasikan sesuai dengan SOP

IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa dapat mendeskripsikan akan fungsi softwer spreadsheet
2.Siswa dapat mendeskripsikan softwer spreadsheet yang dioperasikan melalui perintah pada start menu, shortcut atau icon.
3.Siswa dapat mendeskripsikan berbagai softwer spreadsheet yang dioperasikan sesuai dengan SOP.

V.MATERI PEMBELAJARAN
Menjelaskan dan mendeskripsikan tentang softwer spreadsheet aplikasi dan menu-menu softwer spreadsheet serta membuat dan menyimpan file spreadsheet.

VI.METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemberian tugas

VII.MEDIA & SUMBER BELAJAR
a. Media : Papan tulis dan Komputer
b. Sumber : Buku panduan KKPI Kelas I

VIII.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.Kegiatan Awal
1. Mengondisikan siswa
2. Mengabsen siswa
3. Apresiasi

b.Kegiatan Inti
Siswa menyimak tentang penjelasan fungsi menu-menu softwer spreadsheet serta menjelaskan langkah-langkah membuka dan menutup softwer

c.Kegiatan Akhir
Kesimpulan
Softwer spreadsheet adalah perangkat lunak yang dibuat untuk mengerjakan pengolahan data dalam bentuk tabel sehingga dihasilkan informasi yang jelas dan repsentative. Cara memulai excel yaitu dengan cara klik star, klik all program lalu pilih Microsoft Excel. Adapun cara membuka buku lembar baru yaitu dengan klik menu file pilih new lalu tekan tombol ctrl bersamaan dengan tombol N

IX.PENILAIAN
a. Teknik penilaian : Tes Tertulis & Tugas
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Contoh Instrumen :
SOAL:
1.Apa pengertian softwer spreadsheet !
2.Bagaimana cara membuka program Excel, membuka buku kerja baru dan membuka kerja yang pernah disimpan!
3.Jelaskan bagaimana menyimpan lembar kerja!
4.Apa perbedaan antara worksheet dengan Work Book!



SEMOGA BERMANFAAT...
INFO: 0819 30 3000 30
FB : PELANGI CELULLAR BATUMARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar