/style> Pel@ngi Celullar Batumarta 2: November 2011

Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 03 November 2011

RPP BAHASA INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                             : SMP/MTS......................
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : IX/1
Standar Kompetensi               : 1.       Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar                   : 1.1.    Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan  televis / siaran radio.
Indikator                                 : 1.       Mampu mencatat hal-hal penting dalam dialog
                                                  2.       Mampu menyampaikan informasi yang tersirat dalam dialog
                                                  3.       Mampu menuliskan kesimpulan isi dialog interaktif
Alokasi waktu                         : 2 / 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
2.   Materi Pembelajaran
      a. Mendengarkan dialog interaktif
      b. Membuat kesimpulan isi dialog interaktif
3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi
4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
          1. Siswa mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
          2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
      b. Kegiatan Inti
          1. Siswa memebentuk kelompok kecil
          2. Siswa memperhatikann rekaman dialog interaktiof beberapa narasumber
          3. Siswa mencatat hal-hal penting yang ada dalam dialog
          4. Siswa berdiskusi untuk menemukan informasi yang tersirat dalam dialog
          5. Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan isi dialog interaktif
          6. Siswa memberikan komentar terhadap pendapat tiap-tiap narasumber
      c. Kegiatan Akhir
          1. Siswa dan guru menyimpulkan cara memberikan komentar yang baik
          2. Siswa dan gurtu melakukan refleksi
5.   Sumber Belajar
      a,. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif
6.   Penilaian
      a. Teknik                                       : Tes Unjuk Kerja
      b. Bentuk Instrumen                     : Uji Petik Kerja Prosedur dan produk
      c. Soal / instrument                       :
      Pedoman Penilaian
      1. Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut !
Kegiatan
Skor
Siswa menulis hal-hal penting dengan lengkap
2
Siswa menulis sebagian saja bagian penting dalam dialog
1
Siswa tidak dapat menuliskan sama sekali



      2.   Tuliskan informasi yang terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
1
2
3
4
Penyusunan struktur kalimat




Ketepatan penggunaan bahasa






      3. Tuliskan kesimpulan setelahh mendengrkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan kesimpulan




Kelogisan penulisan kesimpulan




Ketepatan penggunaan bahasa





      4. Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan komentar




Kelogisan penulisan komentar




Ketepatan penggunaan bahasa





      Skor maksimal       :

      No. 1         : 2
      No. 2         : 8
      No. 3         : 12
      No. 4         : 12
                          34

      Perhitungan nilai akhir

Perolehan skor

Skor maksimum







                                                                                                ......,...........................

Mengetahui
Kepala SMP/MTs................




.................................


Guru Bidang Studi




.................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                             : SMP/MTS......................
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : IX/1
Standar Kompetensi               : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar                   :
1.1.      Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada  tayangan  televis / siaran radio.
1.2.      Mengomkentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Indikator                                 : 1. Mampu mencatat hal-hal penting dalam dialog
                                                  2. Mampu menyampaikan informasi yang tersirat dalam dialog
                                                  3. Mampu menuliskan kesimpulan isi dialog interaktif
                                                  4. Mampu mengomentari pendapat masing-masing narasumber
Alokasi waktu                         : 2 / 40 menit
1.   Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber
2.   Materi Pembelajaran
      a. Mendengarkan dialog interaktif
      b. Membuat kesimpulan isi dialog interaktif
3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi
4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
          1.  Siswa mencermati tampilan gambar yang sudah disediakan guru
          2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang gambar yang ditampilkan
      b. Kegiatan Inti
          1. Siswa membentuk kelompok kecil
          2. Siswa memperhatikan rekaman dialog interaktif beberapa nara sumber
          3. Siswa mencatat hal-hal penting yang ada dalam dialog
          4. Siswa berdiskusi untuk menemukan informasi yang tersirt dalam dialog
          5. Siswa berdiskusi untuk menyimpulkan isi dialog interaktif
          6. Siswa memberikan komentar terhadap  pendapat tiap-tiap narasumber
      c. Kegiatan Akhir
          1. Siswa dan guru menyimpuilkan cara memberikan komentar yang baik
          2. Siswa dan guru melakukan refleksi
5.   Sumber Belajar
      a. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif
6.   Penilaian
      a. Teknik                           : Tes Unjukj kerja
      b. Bentuk Instrumen         : Uji Petik Prodesur dan produk
      c. Soal instrument             :
      Pedoman Penilaian
      1. Tuliskan hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut
Kegiatan
Skor
Siswa menulis hal-hal penting dengan lengkap
2
Siswa menulis sebagian saja bagian penting dalam dialog
1
Siswa tidak dapat menuliskan sama sekali
0
     
2. Tuliskan informasi yng terdapat dalam dialog interaktif !
Deskriptor
1
2
3
4
Penyusunan struktur kesimpulan




Kelogisan penulisan kesimpulan





      3. Tuliskan kesimpulan setelah mendengarkan dialog interaktif tersebut !
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan kesimpulan




Kelogisan penulisan kesimpulan




Ketepatan penggunaan bahasa





      4. Tuliskan komentarmu terhadap pendapat para narasumber dalam dialog !
Deskriptor
1
2
3
4
Ketepatan merumuskan komentar




Kelogisan penulisan komentar




Ketepatan penggunaan bahasa






      Skor maksimal       :

      No. 1         : 2
      No. 2         : 8
      No. 3         : 12
      No. 4         : 12
                          34

      Perhitungan nilai akhir

Perolehan skor

Skor maksimum





                                                                                                            ......,...........................
Mengetahui
Kepala SMP/MTs................




.................................


Guru Bidang Studi




.................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                             : SMP/MTS......................
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : IX/1
Standar Kompetensi               : 2.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk  klomentar dan laporan
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan  komentar dan laporan. tayangan televise / siaran radio
Indikator                                 : 1.    Mampu mengkritik / memuji suatu karya seni yang dianggap tidak bgus atau bagus disertai alas an yang logis.
                                                  2.    Mampu mengkritik / memuji dengan bahasa yang lugas dan santus
Alokasi waktu                         : 2 / 40 menit
1.   Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun
2.   Materi Pembelajaran
      a. Mengamati karya seni / Produk
      b. Menentukan bagus atau tidak bagus suatu krya seni / produk
      c. Mengkritik atau memuji suatu karya seni / produk
3.   Metode Pembelajaran
      a. Inkuiri
      b. Demonstrasi
4.   Langkah-lngkah Kegiatan Pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
          1. Siswa memperhatikan suatu karya yang ditunjukkan guru
          2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut
      b. Kegiatan Inti
          1. Secara individu siswa membuat suatu krya sederhana
          2. Siswa saling betukar hasil pekerjaan untuk memberikan penilaian mengenai kelebihan dan
              kekurangan
          3. Siswa menulsikan pujiannya bila hasil kerja temannya menarik dan kritikkan bila hasil kerja
              temannya kurang baik disertai dengan alas an logis
          4. Secara bergiliran siswa menyampaikan pujian dan krtitikan terhadap hasil karya teman dengan
              alas an yang logis dan bahasa lugas
      c. Kegiatan Akhir
          1. Siswa dan guru menyimpulkan cara memberikan pujian dan kritikan terhadap suatu hasil karya
              dengan bahasa yang lugas dan sederhana
          2. Siswa dan guru bersama –sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran hari itu
5.   Sumber Belajar
      a. Hasil karya seni
6.   Penilaian
      a. Teknik                                       : Tes unjuk kerja
      b. Bentuk instrument                    : Uji petik kerja prosedur dan produk
      c. Soal instrument                         :

      Pedoman Penskoran
      1. Tuliskan pujianmu terhadap hasil karya temanmu jika Anda nilai bagus dan tuliskan kritikan jika
          penilaian Anda kurang bagus, disertai alas an yang logis !
Isi
Deskrip si
Skor
( 10 – 100 )
Penalaran
Apakah alas an yng dituliskan sudah logis  ?

Bahasa
Apakah bahasa yang digunakan mudah dipahami  ?
Apakah klimatnya sudah runtut ?

Organisasi
Apakah pujian sudah menunjukkan kelebihan dari hasil karya ?


Apakah kritikan sudah menunjukkan kekurangan dari hasil


      2. Sampaikan dengan bahasa lisan pujian dan kritikanmu terhadap  salah satu hasil karya temanmu !
         
No
Nama Siswa
Alasan Logis
Skor 10-100
Bahasa runtut
Skor 10-100
Bahasa Mudah Dipahami
Skor 10 - 100
Kelancaran
Skor 10-100
1
Tuti




2
Dani




3
Brian












                                                                                                            ......,...........................

Mengetahui
Kepala SMP/MTs................




.................................


Guru Bidang Studi




.................................